Potensi Seru Duel Dortmund vs Spurs

Potensi Seru Duel Dortmund vs Spurs

uelisi

Dortmund – Salah satu duel menarik yang tersaji di babak 16 besar Liga Europa adalah Borussia Dortmund vs Tottenham Hotspur. Kedua tim punya ciri permainan yang mirip, sampai-sampai Tottenham disebut bermain seperti tim dari Jerman.

Baik Dortmund maupun Spurs sama-sama menjadi kandidat juara di liga masing-masing, Bundesliga dan Premier League. Dortmund tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen sementara, Bayern Munich, demikian juga dengan Spurs yang terpisah lima poin di belakang Leicester City.

Pelatih kedua kesebelasan, Thomas Tuchel dan Mauricio Pochettino, juga dianggap telah melakukan perkerjaan bagus musim ini. Tuchel menyempurnakan apa yang sudah ditinggalkan Juergen Klopp dan merestorasi performa Dortmund, yang sempat jeblok musim lalu.

[Baca Juga: Dortmund Bersama Tuchel: Berubah Tanpa Berteriak]

Demikian pula dengan Pochettino. Bedanya, Pochettino kini menjalani musim keduanya bersama Spurs, tidak seperti Tuchel yang baru menjalani musim pertama.

Bersama Pochettino, Spurs tampil kompak. Banyak pemain-pemain muda mencuat dan akhirnya jadi tulang punggung tim. Beberapa perubahan yang dilakukan Pochettino terbukti membuahkan hasil.

Yang menarik, kedua tim juga punya ciri permainan yang mirip. Baik Dortmund ataupun Spurs sama-sama tampil ofensif dan agresif. Mereka senang melakukan pressing, bahkan sampai ke daerah pertahanan lawan, dan kerap mengandalkan kecepatan pemain-pemainnya.

Hal ini juga diakui oleh Tuchel. Ia bahkan menyebut permainan Spurs mirip dengan tim-tim Jerman.

“Pochettino telah mengubah Spurs menjadi tim yang lebih kompak. Mereka sangat energik, agresif, menekan tinggi di lapangan, dan banyak memenangi duel perebutan bola di daerah lawan,” ujar Tuchel seperti dilansir Soccerway.

“Spurs mengingatkan saya kepada tim Jerman. Banyak karakteristik mereka bisa ditemukan di tim-tim Jerman. Mereka ingin memenangi perebutan bola di daerah lawan, amat rapat, menekan amat tinggi di lapangan, dan bertahan sebagai sebuah unit. Permainan mereka terbilang cukup unik untuk di Inggris,” kata Tuchel.

Dortmund akan menjadi tuan rumah lebih dulu. Laga pertama kedua tim akan berlangsung pada Jumat (11/3) dini hari WIB.