Messi Hat-trick, Barca Hantam Sembilan Pemain Rayo 5-1

Messi Hat-trick, Barca Hantam Sembilan Pemain Rayo 5-1

barcaisi

Madrid – Barcelona sukses meraih poin penuh dalam lawatan ke markas Rayo Vallecano dengan dibantu hat-trick Lionel Messi. Los Cules menang telak 5-1 dan terus menjaga jarak dengan pesaing-pesaing terdekat mereka.

Dengan kemenangan tersebut, Barca kini memimpin klasemen dengan koleksi nilai 69. Mereka unggul delapan angka atas Atletico Madrid dan unggul 12 angka atas Real Madrid. Kini, tinggal tersisa 11 pertandingan menuju garis finis.

Sementara itu, Rayo –yang harus bermain dengan sembilan orang lantaran dua pemainnya dikartu merah– berada di posisi ke-17 dengan koleksi nilai 26. Nilai mereka sama dengan milik Granada yang berada di posisi ke-17 –zona degradasi.

Pada pertandingan yang berlangsung di Campo de Fútbol de Vallecas, Jumat (4/3/2016) dini hari WIB, Barca tampil dominan sejak awal. Statistik juga menunjukkan bahwa Barca memenangi penguasaan bola hingga lebih dari 60%.

Kendati begitu, Rayo tidak tampil defensif. Mereka, sebaliknya, justru berani meladeni permainan Barca dengan bermain terbuka. Di awal-awal laga, permainan tanpa kenal gentar itu berhasil menghadirkan peluang untuk Rayo.

Pertandingan baru berjalan empat menit, Adrián Embarba yang sukses mengecoh Javier Mascherano melepaskan sebuah sepakan kaki kiri dari jarak jauh. Sepakannya mengarah tepat ke gawang Barca, memaksa Claudio Bravo melakukan penyelamatan.

Embarba sempat mendapatkan peluang lagi pada menit ke-15. Namun, lagi-lagi tendangannya, yang dilepaskan dari luar kotak penalti, masih bisa diamankan oleh Bravo.

Dikejutkan dengan peluang-peluang itu, Barca langsung merespons dengan tepat. Unggul kualitas pemain, mereka langsung balas menekan pertahanan Rayo. Lionel Messi mendapatkan peluang pada menit ke-21, tetapi tendangannya masih bisa dihentikan oleh kiper Rayo, Juan Carlos.

Semenit setelah peluang Messi itu, Barca akhirnya mencetak gol. Gol tersebut tercipta lantaran blunder yang dilakukan oleh Juan Carlos. Kiper Rayo itu gagal menangkap dengan sempurna umpan silang yang dilepaskan dari sisi kiri pertahanan timnya. Bola yang gagal ditangkapnya itu jatuh ke tanah dan disambar oleh Ivan Rakitic. 1-0 untuk Barca.

Tidak lama setelah gol Rakitic, tepatnya pada menit ke-23, Barca sukses mencetak gol lagi. Kali ini, Messi menjadi pencetak golnya setelah menerima umpan tarik yang dilepaskan Neymar dari sisi kiri.

Dalam keadaan unggul 2-0, Barca mendapatkan keuntungan lantaran Rayo harus bermain dengan 10 orang. Pada menit ke-42, Diego Llorente dikartu merah wasit setelah melakukan tekel terlalu tinggi terhadap Rakitic. Babak pertama kemudian berakhir tanpa ada gol tambahan lagi.

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-53, Barca memperbesar skor menjadi 3-0. Lagi-lagi Messi yang menjadi pencetak golnya. Kali ini, bola rebound hasil tendangan Luis Suarez yang mengenai mistar gawang disambar bintang asal Argentina itu dengan sepakan kaki kiri.

Rayo masih sempat memperkecil skor menjadi 1-3 lewat sundulan Manucho pada menit ke-57. Namun, kartu merah yang diterima Manuel Iturra pada menit ke-67 membuat mereka kesulitan. Iturra mendapatkan kartu merah lantaran melanggar Sergio Busquets di dalam kotak penalti.

Petaka untuk Rayo itu bermula dari tendangan bebas Neymar, yang kemudian membentur mistar gawang. Busquets, yang berniat menyambar bola rebound, ditekel dari belakang oleh Iturra.

Dari kartu merah Iturra itu, Barca mendapatkan tendangan penalti. Namun, Suarez gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan penyerang asal Uruguay itu ditepis oleh Juan Carlos.

Gol keempat Barca baru tercipta pada menit ke-72 setelah Messi berhasil meneruskan umpan Busquets dengan sepakan kaki kiri, membuat dirinya menorehkan hat-trick dalam laga ini. Dan pada akhirnya, sundulan Arda Turan pada menit ke-86 melengkapi kemenangan Barca ini.

Susunan Pemain

Rayo Vallecano: Carlos, Crespo, Tito, Quini, Llorente, Iturra, Trashorras, Embarba, Piti (Caballero 56), Bebe (Amaya 71), Manucho (Guerra 80).

Barcelona: Bravo, Sergi Roberto (Vidal 72), Pique, Mascherano, Mathieu, Busquets (Vermaelen 77), Iniesta, Rakitic (Turan 66), Neymar, Messi, Suarez.