Atasi Atalanta, Juve Kembali ke Puncak Klasemen

Atasi Atalanta, Juve Kembali ke Puncak Klasemen

Atasi Atalanta, Juve Kembali ke Puncak Klasemen

Bergamo – Juventus kembali merebut capolista dari tangan Napoli. Bianconeri naik lagi ke puncak klasemen usai mengalahkan Atalanta dengan skor 2-0.

Juve tergeser dari puncak klasemen setelah Napoli menang 3-1 atas Chievo, Sabtu (5/3/2016). Tapi posisi Napoli di urutan pertama tak bertahan lama.

Hari Minggu (6/3/2016), Juve kembali menguasai puncak klasemen berkat kemenangan atas Atalanta. Melawat ke Stadion Atleti Azzurri d’Italia, Juve pulang dengan kemenangan 2-0.

Juve membuka keunggulan lewat gol Andrea Barzagli di babak pertama. Gol dari Mario Lemina di babak kedua lantas menggenapkan kemenangan Juve.

Dengan tiga poin dari laga ini, Juve kembali ke puncak klasemen dengan 64 poin dari 28 pertandingan, unggul tiga angka dari Napoli. Sementara itu, Atalanta turun dua tingkat ke urutan 15 dengan 30 poin.

Jalannya Pertandingan

Juventus mendapat peluang bagus di menit ke-11. Sami Khedira yang lolos dari jebakan offside setelah bekerja sama dengan Roberto Pereyra memaksa Marco Sportiello melakukan penyelamatan.

Tiga menit berselang, Atalanta balas mengancam gawang Juve. Tapi sepakan voli Luca Cigarini meneruskan crossing Rafael Toloi masih bisa diamankan oleh Gianluigi Buffon.

Juve membuka keunggulan di menit ke-24. Dari sebuah sepak pojok, bola disundul oleh Mario Mandzukic ke arah Andrea Barzagli yang berdiri bebas di depan gawang. Tanpa kesulitan, Barzagli menyepak bola ke dalam gawang.

Lima menit jelang jeda, Atalanta mendapat peluang bagus untuk mencetak gol balasan. Tapi tendangan voli Marco Borriello mengarah tepat ke Buffon. Berawal dari Gaetano Monachello yang memotong bola Claudio Marchisio, Atalanta kemudian melakukan serangan balik. Monachello mengirim umpan lambung kepada Borriello, tapi tendangannya diamankan Buffon.

Di babak kedua, Juve mendapat peluang untuk menggandakan keunggulan. Mandzukic berhasil mencuri bola dari Sportiello di luar kotak penalti dan langsung menembakkan bola ke arah gawang. Beruntung bagi Atalanta, masih ada bek yang menghalau bola dari gawang.

Atalanta terus menekan. Peluang bagus didapat tuan rumah untuk menyamakan kedudukan. Dari sebuah sepak pojok, bola kemudian diarahkan ke tiang jauh. Toloi mencoba meneruskan bola dengan sundulan, tapi bek Atalanta itu gagal melakukan kontak dengan bola.

Juve justru mampu menggandakan skor empat menit jelang laga usai. Lemina menjebol gawang Atalanta setelah melewati dua pemain belakang lawan. Setelah meliuk-liuk untuk melewati adangan bek Atalanta, Lemina melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dengan kaki kanan yang mengarah ke pojok gawang.

Atalanta masih berupaya untuk mencetak gol. Tapi ketangguhan Buffon di bawah mistar gawang Juve menghalangi tuan rumah. Sepakan Marten de Roon dari luar kotak penalti yang mengarah ke tiang jauh masih bisa ditepis oleh Buffon.

Hingga laga usai, tak ada tambahan gol yang tercipta. Juve pulang dengan kemenangan 2-0 dari kandang Atalanta.

Susunan Pemain

Atalanta: Sportiello; Toloi, Masiello, Paletta; Conti (D’Alessandro 55′), Kurtic, De Roon, Cigarini (Diamanti 76′), Drame; Monachello (Raimondi 66′), Borriello

Juventus: Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Barzagli, Evra; Marchisio, Khedira (Lemina 68′), Pogba, Pereyra (Alex Sandro 81′); Dybala (Morata 89′), Mandzukic