Ujian Pertama Chelsea bersama Hiddink

Ujian Pertama Chelsea bersama Hiddink

London – Chelsea untuk pertama kalinya akan ditemani oleh Guus Hiddink di pinggir lapangan sejak berpisah dengan Jose Mourinho. Mampukah The Blues mengatasi perlawanan Watford?

Saat mengalahkan Sunderland 3-1 pada akhir pekan lalu, Chelsea dipimpin oleh asisten manajer Steve Holland. Sementara itu, Hiddink yang baru ditunjuk menjadi pengganti Mourinho cuma menonton dari tribune penonton bersama Didier Drogba dan pemilik klub Roman Abramovich.

Laga melawan Watford di Stamford Bridge, Sabtu (26/12/2015), akan menjadi ujian pertama Chelsea bersama Hiddink. Meski Watford berstatus tim promosi, mereka tak bisa dipandang sebelah mata.

Di bawah arahan Quique Sanchez Flores, Watford selalu meraih kemenangan pada empat laga terakhirnya di Premier League. The Hornets kini menempati posisi ketujuh di klasemen sementara dan punya 10 poin lebih banyak daripada Chelsea.

Berikut data dan fakta terkait laga Chelsea vs Watford, seperti dikutip dari Opta:

– Dalam delapan pertemuan terakhir dengan Watford di semua kompetisi, Chelsea menang tujuh kali dan tak sekali pun kalah.

– Pertemuan terakhir antara kedua tim terjadi di Stamford Bridge pada laga babak ketiga Piala FA musim lalu, yang dimenangi Chelsea dengan skor telak 3-0.

– Chelsea tak terkalahkan di Premier League di Boxing Day sejak 2003. Mereka menang enam kali dan imbang empat kali.

– Watford cuma menang dua kali dalam 13 pertandingan liga terakhir yang dimainkan di Boxing Day (menang dua kali, imbang empat kali, kalah tujuh kali).

– Watford sekarang telah menyamai total poin mereka pada musim terakhirnya di Premier League sebelum musim ini (2006/2007), yakni 28 poin.

– Odion Ighalo selalu mencetak gol dalam empat laga Premier League secara beruntun. Dia menyamai rekor Troy Deeney untuk Watford. Jika bisa menjebol gawang Chelsea, Ighalo akan menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak gol dalam lima laga Premier League secara beruntun bersama Watford.

– Tim-tim yang berstatus juara bertahan Premier League cuma kalah empat kali di kandang sendiri dari tim promosi, salah satunya adalah kekalahan 0-1 yang diderita Chelsea dari Bournemouth, awal bulan ini.

– Chelsea cuma kalah tiga kali di kandang sendiri dari tim promosi di ajang Premier League. Mereka kalah 0-1 dari Bournemouth (Desember 2015), 0-1 dari Charlton (April 2001), dan 0-2 dari Nottingham Forest (Januari 1995).

– Pada periode sebelumnya sebagai manajer Chelsea, Guus Hiddink cuma kalah sekali di semua kompetisi (Main 22 kali, menang 16 kali, imbang 5 kali, kalah sekali).