Persaingan Serie A Dinilai Meningkat, Sejumlah Tim Berpotensi Juara

Persaingan Serie A Dinilai Meningkat, Sejumlah Tim Berpotensi Juara

Roma – Fabio Capello menilai ada peningkatan level persaingan di Serie A musim ini. Dia juga menyebut sejumlah tim berpotensi meraih gelar Scudetto.

Serie A musim ini menunjukkan persaingan ketat di papan atas. Sejumlah tim seperti Inter Milan, Fiorentina, Napoli, dan AS Roma sempat bergantian menghuni puncak klasemen.

Sementara Juventus yang sempat menjalani start sulit, kini mulai mendekati puncak klasemen. Lima tim tersebut saat ini menempati posisi lima teratas secara berurutan dan berpotensi saling sikut sampai akhir musim.

Ketatnya persaingan ini dilihat Capello sebagai tanda peningkatan level persaingan. Bagi pria 69 tahun itu, Inter, Napoli, Fiorentina, dan Juve sama-sama telah menunjukkan punya kualitas yang dibutuhkan untuk bersaing mengejar Scudetto. Sementara AC Milan dinilainya masih penuh tanda tanya.

“Level kejuaraan? Sudah meningkat secara umum, dengan tim-tim yang telah memperkuat diri. Inter memimpin dan saya mempertimbangkan mereka sebagai favorit juara berkat Mancini,” kata Capello kepada Radio Anch’io lo Sport.

“Milan? Mereka tim yang belum pasti dan sedang mencoba mencari jalan permainan mereka, tapi belum berhasil. Mereka tidak punya banyak kualitas dan seringkali kekurangan karakter selama pertandingan.”

“Napoli adalah klub bagus, tapi saya akan berhati-hati dengan Fiorentina, yang saya sukai dan punya sejumlah talenta nyata. Meski demikian, Juventus yang belakangan ini akan membuat tim-tim lain takut dan mereka harus memperhatikan Bianconeri.”

“Puncak klasemen yang berubah-ubah? Itu karena mereka tidak terbiasa di puncak. Itu membuat para lawan memberikan 110 persen dari kemungkinan mereka dan Anda tidak pernah bisa memberikan kurang dari 95 persen,” imbuhnya dikutip Football Italia.

Capello baru-baru ini membuka kesempatan kembali ke Roma, menyusul gonjang-ganjing yang mulai mengguncang tim ibukota tersebut. Pelatih Roma Rudi Garcia saat ini sedang disoroti karena hasil kurang memuaskan dalam beberapa laga terakhir.

I Lupi sudah empat laga terakhir di berbagai ajang tak menang dan mereka kini ada di posisi empat klasemen liga. Bagi Capello, mantan tim besutannya itu masih berada dalam persaingan, meski menyebut atmosfer di ibukota yang penuh gairah bisa sangat membuat terlena.

“Bagi saya, Giallorossi ada di antara para favorit untuk Scudetto. Mereka memulai dengan baik dan kemudian kalah,” ujarnya.

“Lingkungan di Roma itu rumit, karena itu menyihir Anda, menyelubungi Anda, dan membuat Anda terlelap. Ketika saya di Roma usai juara, saya berjuang selama enam bulan untuk melupakan titel dan beralih fokus ke musim berikutnya,” tandas pria yang saat ini sedang menganggur, usai melatih timnas Rusia.

Capello memenangi Scudetto bersama Roma pada musim 2000/2001 silam, mengantarkan gelar liga ketiga ke tim ibukota tersebut.