‘Napoli-Fiorentina Mengesankan, Sampdoria Bisa Menyusul Bareng Montella’

'Napoli-Fiorentina Mengesankan, Sampdoria Bisa Menyusul Bareng Montella'

Roma – Eks pelatih tim nasional Italia Marcelo Lippi amat terkesan dengan laju Napoli dan Fiorentina. Dia juga memperkirakan Sampdoria bisa mengikuti jejak keduanya di bawah pelatih baru, Vincenzo Montella.

Napoli dan Fiorentina tampil impresif meski baru mengalami pergantian pelatih di awal musim ini. Di bawah Maurizio Sarri, Napoli sejauh ini memetik tujuh kemenangan dari 12 pekan dan baru satu kali menelan kekalahan.

Jumlah kekalahan itu menjadikan Napoli satu dari dua tim –bersama Inter Milan– sebagai tim paling sedikit kalah sejauh ini. Partenopei sendiri sementara menempati posisi empat klasemen Serie A dengan nilai 25, tertinggal hanya dua poin dari Fiorentina di puncak klasemen.

Fiorentina, sekalipun sudah menelan tiga kekalahan, namun di lain sisi tim besutan Paulo Sousa ini paling banyak memetik kemenangan sementara ini dengan sembilan kali. Torehan 27 angka dari 12 laga membawa mereka memimpin klasemen, unggul jauh dalam selisih gol dari Inter di posisi dua (15 berbanding 5).

Lippi menilai Sarri dan Sousa menunjukkan bahwa tak selalu butuh waktu panjang untuk beradaptasi dan memberikan dampak positif. Hal yang sama diperkirakannya bisa terjadi di Sampdoria setelah menunjuk Montella sebagai pelatih baru.

Montella sendiri punya rapor cukup bagus di tiga musim terakhir kepelatihannya. Dia membawa Fiorentina finis di posisi empat dalam tiga musim tersebut dan nyaris saja berhasil mengantarkan ‘Si Ungu’ lolos ke Liga Champions.

Dia punya persentase kemenangan sebesar 52,11% selama di Fiorentina, dengan catatan 74 kemenangan dan 36 kali kalah dari 142 pertandingan di berbagai ajang kompetitif. Dengan skuat yang disebut Lippi cukup oke, Sampdoria diyakininya bisa mengikuti jejak Napoli dan Fiorentina.

“Napoli dan Fiorentina adalah tim yang paling saya sukai. Mereka adalah tim-tim yang mana pelatihnya punya dampak paling besar dalam waktu yang paling sedikit,” katanya kepada Sky.

“Mereka telah menepis ungkapan klise bahwa butuh waktu lama untuk mendapatkan sebuah efek.”

“Montella di Sampdoria? Saya rasa dia tidak akan butuh waktu lama. Karena Sampdoria juga tidak buruk secara teknik,” imbuhnya seperti dikutip Football Italia.