Diwarnai Tiga Penalti & Lapangan yang Tergenang Air, Roma Diimbangi Bologna 2-2

Diwarnai Tiga Penalti & Lapangan yang Tergenang Air, Roma Diimbangi Bologna 2-2

Bologna – AS Roma harus puas memetik hasil imbang 2-2 kala bertandang ke Bologna. Laga diwarnai tiga penalti dan sulitnya bola bergulir dengan banyaknya genangan air.

Laga yang berlangsung di Renato Dall’Ara, Minggu (22/11/2015) dinihari WIB, harus melalui inspeksi terlebih dahulu menyusul banyaknya genangan yang muncul karena hujan deras. Meski demikian pertandingan tetap berjalan.

Roma langsung mendapatkan tekanan di menit-menit awal, lalu kebobolan di menit ke-14 olah Adam Masina. Roma yang terbiasa main umpan-umpan pendek kesulitan mengalirkan bola karena terhambat air. Sebaliknya, Bologna tampil amat mengancam dengan umpan-umpan langsung ke depan.

Kedudukan 1-0 untuk tuan rumah bertahan sampai jeda pertandingan. Skor kemudian sama kuat saat Miralem Pjanic mencetak gol lewat titik putih di menit ke-52. Penalti diberikan setelah Anthony Mounier melakukan handsball di kotak terlarang.

20 menit kemudian, Roma kembali mendapatkan penalti setelah Juan Iturbe diganjal Luca Rossettini. Edin Dzeko menunaikan tugas dengan baik dan membawa Roma berbalik memimpin.

Tiga menit sebelum waktu normal habis, skor kembali berubah. Kali ini Bologna yang mendapatkan penalti setelah Vasilis Torosidis menjatuhkan Emmanuele Giaccherini. Mattia Destro tak menyia-nyiakan kesempatan dan menjebol mantan timnya.

Dengan hasil ini, Roma sementara naik ke urutan dua klasemen dengan nilai 27 dari 13 pekan. Sementara Bologna ada di posisi 15 dengan 13 poin.

Jalannya Pertandingan

Roma langsung mengancam di menit kelima melalui sepakan jarak jauh Antonio Ruediger. Bola masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Bologna.

Bologna mencetak gol di menit ke-11, tapi dianulir wasit karena Anthony Mounier dianggap sudah berada dalam posisi offside terlebih dahulu.

Dua menit berselang, Bologna benar-benar memimpin. Umpan Luca Rossettini disambut sepakan Adam Masina di sisi kiri di dalam kotak penalti, Wojciech Szczesny tak mampu menghentikan laju bola.

Meski dominan, Roma justru kesulitan menciptakan peluang. Lapangan yang digenangi air juga menyulitkan mereka mengalirkan serangan. Di menit ke-16 mereka malah kembali terancam dengan sepakan Giaccherini. Bola mampu diamankan oleh Szczesny.

Di menit ke-16, Mattia Destro menusuk, melewati Ruediger dan Seydou Keita lalu mengoper ke Amadou Diawara. Sepakannya melebar.

Roma terus menguasai permainan dan berupaya menekan, tapi dibuat kesulitan dengan pertahanan rapat Bologna dan genangan air. Sementara tuan rumah bermain sabar dan menunggu celah serangan balik.

Di menit ke-38, sepakan Giaccherini cuma melebar ke kiri menyambut sebuah skema tendangan penjuru. Tak lama berselang, Antonio Mirante yang keluar dari sarangnya menyentuh bola dengan tangan di luar kotak penalti. Wasit memberinya kartu kuning.

Roma punya kesempatan lewat bola mati di menit ke-40. Sepakan Miralem Pjanic dihalau olah Mirante. Tiga menit berselang, Pjanic punya kesempatan lain dari tendangan bebas. Kali ini upayanya melambung. Babak pertama berakhir dengan keunggulan tuan rumah.

Sebuah sepakan dari Destro di menit ke-48 mengancam Roma, mantan timnya. Tapi tendangannya masih mampu diantisipasi oleh Szczesny.

Tiga menit kemudian, Roma mendapatkan penalti. Umpan silang Alessandro Florenzi menyentuh tangan Mounier di kotak terlarang. Pjanic maju sebagai eksekutor dan mengarahkan sepakan ke pojok kiri bawah. Antonio Mirante menebak dengan tepat, tapi bola terlalu deras.

Sebuah tusukan di sisi kanan oleh Florenzi dilanjutkan dengan umpan silang ke muka gawang pada menit ke-59. Edin Dzeko menyambut dengan sundulan, tapi masih melebar ke kanan gawang.

Roma dapat peluang lain di menit ke-65. Dzeko menerima umpan terobosan dari Ruediger dan berhasil menyontek bola melewati Mirante. Tapi ruang tembaknya tertutup oleh bek dan memutuskan mengoper ke Pjanic di sisi kanannya. Pjanic coba melepaskan tembakan, tapi melenceng.

Peluang lain untuk tim tamu tercipta di menit ke-66 lewat serangan balik. Florenzi menerima umpan terobosan dari Iturbe dan menggiringnya mendekat gawang. Tak jauh dari kotak penalti, dia coba melepaskan sepakan keras tapi masih tepat ke arah Mirante.

Roma kembali mendapatkan penalti di menit ke-70, setelah Iturbe dilanggar Luca Rossettini. Kali ini Dzeko yang maju sebagai eksekutor dan juga sukses menuntaskannya. Roma berbalik unggul.

Giliran Bologna mendapatkan penalti di menit ke-86 setelah Torosidis menjatuhkan Giaccherini. Destro yang mengambil tendangan, sukses menceploskan bola ke pojok kanan gawang. Tak ada gol lagi sampai laga usai.

Susunan pemain:

Bologna: Mirante; Rossettini, Maietta (Mancosu 79′), Gastaldello, Masina; Donsah (Taider 70′), Diawara, Brighi; Giaccherini, Destro, Mounier (Rizzo 76′)

Roma: Szczesny; Maicon (Torosidis 63′), Rudiger, Manolas, Digne; Pjanic, Keita (Vainqueur 63′), Nainggolan; Florenzi, Dzeko, Iturbe (Sadiq 88′)