Diwarnai Tiga Kartu Merah, Roma Ditundukkan Atalanta di Olimpico

Diwarnai Tiga Kartu Merah, Roma Ditundukkan Atalanta di Olimpico

Roma – AS Roma menelan kekalahan kandang pertamanya di Serie A musim ini. Pada laga yang diwarnai keluarnya tiga pemain, Giallorossi ditundukkan Atalanta dengan skor 0-2.

Roma tak diperkuat Francesco Totti, Gervinho, dan Mohamed Salah pada pertandingan di Stadion Olimpico, Minggu (29/11/2015). Mereka juga baru saja mendapat kekalahan telak 1-6 dari Barcelona di arena Liga Champions.

Akan tetapi, Roma gagal bangkit pada laga melawan Atalanta. Tim besutan Rudi Garcia itu malah kalah lagi. Dua gol Atalanta dicetak oleh Alejandro Gomez pada menit ke-40 dan German Denis pada menit ke-82.

Pertandingan ini juga diwarnai keluarnya tiga kartu merah di babak kedua. Satu untuk bek Roma, Maicon, dan dua lainnya untuk Guglielmo Stendardo dan Alberto Grassi dari kubu Atalanta.

Dengan hasil ini, Roma terpaku di urutan keempat klasemen dengan koleksi 27 poin dari 14 laga. Mereka terpaut tiga poin dari Inter Milan yang memimpin klasemen. Atalanta duduk di posisi kesembilan dengan 21 poin.

Jalannya Pertandingan

Edin Dzeko berpeluang mencetak gol saat laga memasuki menit ke-11. Namun, tendangannya dari luar kotak penalti bisa diantisipasi kiper Atalanta, Marco Sportiello.

Roma punya kesempatan untuk memimpin pada menit ke-18 melalui tembakan Miralem Pjanic ke tiang dekat. Namun, Sportiello masih sigap mengamankan gawang Atalanta.

Peluang yang didapat Dzeko pada menit ke-35 juga tak berbuah gol. Sepakannya meneruskan umpan Daniele De Rossi masih sedikit melambung. Beberapa saat kemudian, tembakan jarak jauh Pjanic juga melambung.

Roma yang terus menggempur Atalanta justru kecolongan pada menit ke-40. Gawang mereka dibobol oleh Gomez. Gol ini berawal dari kesalahan Lucas Digne di wilayah pertahanan Roma. Gomez memotong umpan Digne dan tanpa pikir panjang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola menembus gawang tanpa bisa dijangkau kiper Morgan De Sanctis.

Roma yang ketinggalan satu gol meningkatkan intensitas serangannya pada awal babak kedua. Pjanic punya kans melalui sundulannya, tapi bola yang mengarah ke gawang dihalau oleh Luca Cigarini.

Sebuah kesalahan di lini pertahanan membuat Roma nyaris kebobolan lagi pada menit ke-60. Penyerang Atalanta, Maxi Moralez, berlari sendirian dan langsung berhadapan dengan De Sanctis. Beruntung buat Roma, De Sanctis masih bisa mementahkan tembakan Moralez.

Buruknya pertahanan Roma dieksploitasi Atalanta melalui sebuah serangan balik cepat pada menit ke-81. Maicon, yang masuk sebagai pemain pengganti, diganjar kartu merah karena menjatuhkan Gomez yang punya kesempatan mencetak gol di kotak penalti.

Hadiah penalti itu tak disia-siakan oleh Atalanta. Denis yang maju sebagai algojo sukses mengelabui De Sanctis dan membawa timnya memimpin 2-0 pada menit ke-82.

Pada menit ke-87, Atalanta kehilangan Stendardo, yang menerima kartu kuning kedua karena dianggap dengan sengaja membelokkan bola dengan tangannya.

Atalanta kembali kehilangan satu pemainnya di injury time. Kali ini giliran Grassi yang menerima kartu kuning kedua karena melanggar Radja Nainggolan.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor tak berubah. Atalanta membawa pulang kemenangan 2-0 dari kandang Roma.

Susunan Pemain
Roma: De Sanctis; Florenzi (Maicon 70′), Manolas, Castan, Digne; Pjanic, De Rossi, Nainggolan; Iturbe (Torosidis 83′), Dzeko, Falque (Sadiq Umar 62′)

Atalanta: Sportiello; Raimondi, Stendardo, Paletta, Brivio; Grassi, Cigarini (Migliaccio 72′), Kurtic (de Roon 84′); Maxi Moralez, Denis, Gomez (Cherubin 89′)