Chelsea Gagal Raih Poin Penuh di Kiev

Chelsea Gagal Raih Poin Penuh di Kiev

KIEV – Dinamo Kiev berhasil menahan imbang Chelsea pada lanjutan babak penyisihan Grup G Liga Champions musim 2015-2016. Kedua klub gagal memanfaatkan beberapa peluang menjadi gol, sehingga harus rela berbagi angka. Hasil imbang membuat Kiev saat ini mengoleksi lima poin hasil dari tiga pertandingan.

Chelsea sempat melakukan beberapa percobaan pada babak pertama namun sayang tidak ada yang berbuah gol. Sementara itu, Dinamo Kiev berhasil menguasai pertandingan pada babak kedua dan memukul Chelsea sampai daerah pertahanan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Kedua klub bermain dengan intensitas permainan yang lambat pada tujuh menit pertama. Baik Chelsea dan Kiev hanya berani memainkan bola di lini tengah menunggu untuk tim lawan lengah. Inisiatif serangan dilakukan oleh Chelsea melalui Willian pada menit delapan. Namun sayang, tendangan dari luar kotak penalti tersebut gagal membuahkan hasil.

Satu menit kemudian giliran Eden Hazard yang melakukan tembakan. Penyerang sayap asal Belgia itu melakukan tembakan dari dalam kotak penalti, tetapi tendangannya hanya membentur tiang gawang dan belum bisa menghasilkan gol.

Terpancing dengan serangan Chelsea, Kiev berganti melakukan serangan. Serangan Kiev diciptakan oleh Vitaliy Buyalskiy yang melepaskan tendangan jarak jauh. Sayang, bola tendangannya tepat mengarah ke pelukan Asmir Begovic.

Pada menit 17, Cesc Fabregas dijatuhkan di kotak penalti oleh pemain bertahan Kiev. Wasit tidak melihat hal tersebut sebagai pelanggaran. Fabregas yang tidak senang akan keputusan wasit langsung melakukan protes keras.

Keasyikan menyerang pertahanan Chelsea sempat dikejutkan oleh tendangan Buyalskiy pada menit 25. Namun lagi-lagi tendangan tersebut gagal membuahkan gold an hanya menghasilkan tendangan penjuru untuk Kiev.

Pada menit 34, Chelsea berpeluang untuk membuka keunggulan melalui sepak pojok, tetapi kesempatan itu hilang setelah tandukan Gary Cahill dengan mudah ditangkap penjaga gawang Kiev.

Hasil imbang bertahan sampai peluit babak pertama dibunyikan.

Babak Kedua

Chelsea langsung melakukan serangan sejak menit pertama babak kedua. Terbukti pada menit 46 Willain nyaris mencetak gol melalui tendangan bebas, namun tendangannya hanya mampu membentur tiang gawang.

Pada menit 52 Fabregas gagal memanfaatkan peluang emas setelah tendangannya terlalu lemah sehingga dengan mudah diamankan oleh penjaga gawang Kiev, Oleksandr Shovkovsky.

Kiev berbalik menguasai pertandingan setelah serangan Fabregas. Mereka berhasil memukul Chelsea ke dalam daerah pertahanan, namun sayang Kiev tidak berhasil menghasilkan gol.

Chelsea berusaha keluar dari tekanan pada menit 58. Fabregas yang mengatur serangan mengoper bola ke sisi kanan kepada Willian. Willian yang melihat Hazard tidak dijaga langsung mengoper bola. Namun tendangan Hazard belum berhasil membuahkan gol karena membentur pemain bertahan Kiev.

Kiev yang melihat Chelsea terlalu asik menyerang akhirnya melakukan serangan balik melalui Derlis Gonzales. Gonzales berhasil memasuki sisi sebelah kanan Chelsea melepaskan tembakan keras pada menit 59. Beruntun bagi Chelsea karena Begovic berhasil menepis tendangan tersebut.

Kurt Zouma mendapatkan kartu kuning setelah melanggar pemain bertahan Kiev, Domagoj Vida pada menit 66.

Vida yang sebelumnya dilanggar Zouma gagal memanfaatkan peluang setelah tendangannya dari dalam kotak pinalti melambung tinggi di atas tiang gawang Begovic pada menit 69.

Melihat timnya terus tertekan, Manajer Chelsea, Jose Mourinho memutuskan untuk memasukan Oscar Dos Santos menggantikan Fabregas guna meningkatkan daya gedor The Blues pada menit 74. Tiga menit kemudian giliran Kiev yang melakukan perganti pemain dengan memasukan Junior Moraes, menggantikan Artem Kravets.

Memasuki 15 menit terakhir kedua tim silih berganti melakukan penyerangan namun serangan kedua tim tidak ada yang berbuah gol. Baik Kiev maupun Chelsea sama-sama kesulitan memasuki daerah pertahanan lawan.

Memasuki lima menit terakhir, Chelsea menjadi bulan-bulanan Kiev. Moraes yang masuk sebagai pemain pengganti nyaris saja mencetak gol untuk Kiev sebelum akhirnya bola berhasil ditangkap oleh Begovic pada menit 88.

Setelah menjadi sasaran empuk Kiev, Chelsea akhirnya melakukan serangan balik melalui Willian. Namun kesempatan tersebut kembali gagal dimanfaatkan karena tendangannya melebar dari gawang Kiev.

Tambahan waktu dua menit tidak cukup bagi kedua tim untuk mencetak gol. Chelsea harus puas bermain imbang dan membawa satu poin.

Susunan Pemain

Chelsea XI (4-2-3-1): Begovic;Zouma, Cahill, Terry, Azpilicueta; Ramirez, Matic; Willian, Fabregas, Hazard; Diego Costa.

Dynamo Kiev XI (4-5-1): Shovkovskiy; Danilo Silva, Dragovic, Vida, Khacheridi; Sydorchuk, Rybalka, Gonzales,Buyalskiy, Yarmolenko;Kravets.