Atasi Everton, Arsenal Naik ke Puncak Klasemen

Atasi Everton, Arsenal Naik ke Puncak Klasemen

London – Arsenal mengatasi perlawanan Everton dengan skor 2-1 di pekan kesepuluh Premier League. Kemenangan tersebut mengantarkan The Gunners naik ke puncak klasemen.

Menjamu Everton di Emirates Stadium, London, Sabtu (24/10/2015), Arsenal unggul dua gol lebih dulu. Olivier Giroud dan Laurent Koscielny mencetak gol dalam waktu berdekatan di babak pertama untuk membawa tim tuan rumah memimpin 2-0.

Sebelum babak pertama berakhir, Everton mampu memperkecil ketertinggalan lewat gol Ross Barkley. Skor 2-1 untuk keunggulan Arsenal bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, kedua tim menciptakan banyak peluang bagus. Tapi, tak satu pun yang menghasilkan gol tambahan.

Berkat kemenangan ini, Arsenal kini mengumpulkan 22 poin dan menggusur Manchester City dari posisi teratas di klasemen. Mereka unggul satu poin atas City yang baru akan bertanding pada Minggu (25/10). Everton duduk di posisi kesepuluh dengan 13 poin.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan yang berlangsung di bawah guyuran hujan ini tak menghasilkan banyak peluang bagus dalam setengah jam pertama. Arsenal punya beberapa kesempatan lewat tendangan sudut, tapi sundulan Giroud dan Gabriel tak mengarah ke sasaran.

Sementara itu, Everton sempat mengancam melalui John Stones. Tapi, Stones gagal memaksimalkan peluang karena tembakan volinya melebar.

Kebuntuan terpecahkan pada menit ke-36 setelah Giroud membawa Arsenal unggul 1-0. Striker asal Prancis itu menyundul bola hasil umpan silang Mesut Oezil dari sisi kanan.

Cuma berselang dua menit, Arsenal menggandakan keunggulannya menjadi 2-0. Sundulan Koscielny meneruskan tendangan bebas Santi Cazorla tak bisa diantisipasi kiper Everton, Tim Howard.

Everton memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 saat laga memasuki menit ke-44. Dalam sebuah serangan balik cepat, tembakan Barkley dari luar kotak penalti berubah arah setelah mengenai kaki Gabriel. Perubahan arah bola membuat Petr Cech tak bisa berbuat banyak untuk menyelamatkan gawang Arsenal. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Percobaan Seamus Coleman pada menit ke-51 belum membuahkan gol kedua untuk Everton. Tendangan jarak jauhnya dengan mudah diantisipasi oleh Cech.

Di kubu Arsenal, Giroud tak mampu memaksimalkan peluang yang diperolehnya pada menit ke-55. Tembakannya dari jarak dekat bisa ditepis Howard.

Oezil punya peluang mencetak gol pada menit ke-64 lewat tembakan volinya. Namun, arah tembakannya bisa dibaca oleh Howard.

Peluang yang didapat Everton beberapa saat kemudian juga tak berujung gol. Tembakan Barkley mengarah ke pelukan Cech.

Pada menit ke-69, Giroud nyaris menjebol gawang Everton lagi. Usai menerima operan dari Oezil, dia melepaskan tembakan keras yang tak bisa dijangkau Howard, tapi masih menghantam mistar gawang.

Berselang 10 menit, giliran Everton yang nyaris bikin gol. Sial buat mereka, sundulan Romelu Lukaku cuma mengenai mistar.

Pemain pengganti Mathieu Flamini mengancam gawang Everton pada menit ke-85, tapi tembakannya ke arah tiang jauh melebar. Semenit kemudian, Flamini punya peluang lainnya, tapi sundulannya bisa diamankan Howard.

Gerard Deulofeu membuang peluang emas untuk menyamakan skor. Dia berdiri bebas di kotak penalti Arsenal, tapi penyelesaiannya bisa dimentahkan Cech.

Cech kembali membuat penyelamatan beberapa saat kemudian. Dia menghentikan bola hasil sepakan menyilang Kevin Mirallas.

Oezil masih dijauhi dewi fortuna saat gagal mencetak gol pada menit ke-90. Tembakannya dari depan kotak penalti cuma mengenai tiang gawang.

Di menit-menit akhir, Everton kehilangan satu pemain. Gareth Barry diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua.

Arsenal berhasil mempertahankan keunggulannya hingga laga berakhir. Mereka pun meraih poin penuh.

Susunan Pemain
Arsenal: Cech; Bellerin, Gabriel, Koscielny, Monreal; Coquelin, Cazorla; Oxlade-Chamberlain (Flamini 81′), Oezil, Sanchez (Gibbs 89′); Giroud

Everton: Howard; Coleman (Kone 89′), Stones, Jagielka (Funes Mori 52′), Galloway; McCarthy, Barry; Lennon (Mirallas 70′), Barkley, Deulofeu; Lukaku