Arsenal Kandaskan Bayern 2-0

Arsenal Kandaskan Bayern 2-0

London – Arsenal menghidupkan peluang lolos setelah memetik kemenangan pertamanya di fase grup. Menjamu Bayern Munich, The Gunners meraih angka penuh usai memenangi pertandingan dengan skor 2-0.

Pada pertandingan di Emirates Stadium, Rabu (21/10/2015) dinihari WIB, Bayern seperti biasanya mendominasi penguasaan bola dengan perbandingan 68:32 persen. Tapi Arsenal bermain efisien.

Die Roten menciptakan 19 percobaan dengan delapan upaya ke arah gawang. Sedangkan Arsenal menciptakan 13 perncobaan termasuk delapan upaya mengarah ke gawang, yang berujung dua gol dari pemain pengganti Olivier Giroud dan Mesut Oezil di babak kedua.

Berkat kemenangan ini Arsenal kini memiliki tiga poin dari tiga pertandingan namun masih berada di urutan terbawah klasemen sementara Grup F. Begitupun dengan Bayern, meskipun kalah masih menduduki peringkat teratas dengan enam poin sama dengan Olympiakos, yang di laga lain mengalahkan Dinamo Zagreb 1-0.
Jalannya Pertandingan

Bayern langsung menyerang. Saat pertandingan belum genap setengah menit, Robert Lewandowski melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti meski bisa ditangkap Petr Cech.

Peluang berbahaya pertama diperoleh Arsenal di menit ketujuh. Alexis Sanchez menemui Mesut Oezil, yang memperoleh celah untuk meneruskan bola dengan tembakan tapi dihalau Manuel Neuer. Bola rebound yang dicecar Theo Walcott diblok Philipp Lahm.

Bayern langsung merespons empat menit kemudian. Kerjasama apik dengan Thomas Mueller diakhiri Thiago Alcantara dengan tembakan dari jarak dekat tapi mentah di tangan Cech.

Tekanan lain dari Bayern. Douglas Costa menggunakan trik untuk melewati Hector Bellerin sebelum melepaskan umpan silang sebelum dipotong oleh Cech di dekat tiang gawang.

Di menit ke-28, Cech melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan sepakan Arturo Vidal. Arsenal membalas tiga menit kemudian setelah Sanchez yang tidak terkawal melepaskan tembakan melambung. Arsenal vs Bayern masih 0-0.

Penyelamatan gemilang Neuer di menit ke-33. Sundulan Walcott dari jarak dekat bisa ditepisnya dengan tangan kirinya, bola rebound diteruskan Aaron Ramsey tapi bola sepakannya dari sudut sempit cuma bergulir di depan gawang Bayern.

Bayern keluar dari tekanan dan berbalik menyerang. Di menit ke-42, kesalahan passing membuat Costa mendapatkan bola untuk diteruskan dengan tembakan dari dalam kotak tapi hanya menghasilkan sepak pojok setelah sempat mengenai tangan Cech.

Babak pertama berakhir, Arsenal-Bayern masih tanpa gol.

Usai turun minum, Bayern membuat peluang lain di menit ke-55. Kombinasi Mueller dan Thiago berakhir di kaki Lewandowski tapi tembakannya ke arah tiang jauh melebar.

Tujuh menit berselang, tim tamu membuang sebuah kesempatan. Kerjasama satu dua dengan Mueller memungkinkan Lahm mengirim umpan silang tapi tidak dapat dijangkau Lewandowski dan Costa di depan gawang.

Masuknya Olivier Giroud langsung membawa dampak besar bagi Arsenal. Diawali dari kesalahan fatal Neuer dalam memotong umpan silang Santi Cazorla, bola jatuh di jalur Giroud untuk diteruskan dengan sundulan yang membobol gawang Bayern. Arsenal memimpin 1-0 di menit ke-77.

Tertinggal, Bayern mencoba menciptakan gol balasan dengan melancarkan tekanan-tekanannya. Namun, di menit-menit akhir injury time justru Arsenal mampu menggandakan skor menjadi 2-0 setelah tembakan keras Mesut Oezil melewati garis gawang sebelum ditepis.

Susunan Pemain

ARSENAL: Cech, Bellerin, Mertesacker, Kosciely, Monreal, Cazorla, Coquelin, Ramsey (Oxlade-Chamberlain 57′), Oezil, Sanchez, Walcott (Giroud 74′)

BAYERN MUNICH: Neuer, Lahm, Boateng, Alaba, Bernat, Alonso (Kimmich 70′), Vidal (Rafinha 70′), Thiago, Douglas Costa, Mueller, Lewandowski
(rin/mfi)